Kamis, 15 Desember 2011

Beberapa Aplikasi Internet

Saat ini aplikasi internet sangat banyak sekali dan hampir selalu bertambah jumlahnya, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai aspek bidang mulai dari bidang akademik, militer, medis, media massa serta berbagai sektor industri lainnya.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini dan banyak digunakan oleh setiap orang antara lain seperti WWW (World Wide Web), E-Mail, Internet Relay Chat. File Transfer Protocol (FTP) dan masih banyak aplikasi internet yang lainnya.

adapun pengertian dari masing-masing aplikasi internet tersebut antara lain :

World Wide Web (WWW)
aplikasi internet WWW atau Wordl Wide Web adalah aplikasi internet yang paling banyak dipakai setiap orang atau instansi atau juga organisasi kenapa karena di www ini terdapat dokumen penting yang disimpan di server-server di seluruh dunia yang bentuk dokumennya berbentuk HTML atau Hyper text Markup Language yang fungsinya untuk menghubungkan (link) antara dokumen-dokumen yang lain. disini dokumen yang dibuat dengan HTML bisa berisi berupa teks, gambar, animasi, audio bahkan vidiopun juga bisa.

E-Mail (Electronik Mail)
aplikasi internet yang satu ini mungkin tidak asing lagi kita dengar karena aplikasi ini fungsinya sebagai untuk sarana komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya yang berupa file dokumen atau surat, gambar atau foto yang langsung dikirim ke pemiliknya dengan biaya yang murah waktu yang singkat akan tetapi untuk menikmati fasilitas ini kita harus berkunjung ke situs penyedia E-mail tersebut contohnya fasilitas yahooo, Google terkenal dengan GMail dan masih banyak yang lainnya tergantung minat yang kita sukai.


Internet Relay Chat
aplikasi internet yang satu ini dikenal dengan chatting, kita bisa bercakap-cakap atau chatting sesama teman yang dikirimkan berupa teks. akan tetapi kita juga bisa bercakap-cakap sambil melihat gambarnya dengan menggunakan fasilitas webcam.

File Transfer Protocol
aplikasi internet yang satu ini disingkat juga dengan FTP dimana aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil sebuah data atau file ke komputer yang lain dengan waktu yang relatif cepat. aplikasi ini juga sering digunakan untuk mencari serta mendownload file-file dokumen yang ada di server-server di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar